Connect with us

MataBulat

Apa perbedaan antara layar AMOLED dengan layar LCD?

Via : Androidpit

News

Apa perbedaan antara layar AMOLED dengan layar LCD?

Salah satu bagian yang sangat penting dari sebuah smartphone adalah layarnya. Setiap hari kamu berinteraksi dengan layar smartphone mungkin bisa sampai puluhan kali. Layar merupakan penghubung antara kamu dan aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone kamu. Dan layar sendiri terbagi dalam dua tipe.

Setiap smartphone yang ada saat ini memiliki salah satu dari dua tipe layar: AMOLED atau LCD. Kadua tipe layar ini sangat berbeda satu sama lain, dan memiliki kelebihan masing-masing. Layar AMOLED banyak terdapat pada ponsel Samsung dan pada beberapa merek perangkat smartphone lainnya. Mayoritas smartphone, termasuk Iphone, mempunyai layar berjenis LCD. Jadi apa perbedaan dari keduanya? Mari kita gali lebih dalam.

AMOLED

AMOLED merupakan singkatan dari “Active Matrix Organic Light Emitting Diode.” Layar ini terdiri dari lapisan polimer yang sangat tipis yang akan menyala saat diberi arus listrik. Ada dua keuntungan utama dari layar AMOLED ini. Selain karena desainnya, panel AMOLED juga bisa sangat tipis dan tidak memerlukan lampu latar.

Layar AMOLED cenderung “hitam murni”. ini karena piksel warna hitam tidak menyala oleh lampu latar. Tidak ada cahaya dari piksel warna hitam. Dan hasilnya warna yang lebih hidup dan semarak dengan kontras yang tinggi. Tampilan AMOLED juga bisa lebih hemat energi, karena tidak semua piksel menyala.

LCD

LCD adalah singkatan dari “Liquid Crystal Display.” Layar jenis ini lebih umum dimiliki banyak orang. TV dan laptop Anda mungkin memiliki layar yang berjenis LCD. Sesuai namanya, LCD ini terbuat dari kristal cair. Tapi itu berarti layar jenis ini membutuhkan panel kaca ganda dan lampu latar, dan layar LCD ini tidak setipis AMOLED.

Karena layar LCD memiliki lampu latar, maka piksel hitam pun sedikit diterangi. Warna-warnanya tidak semarak dan kontrasnya tidak terlalu tinggi. Keuntungan dari layar LCD ini adalah warna yang secara garis besar terlihat lebih realistis.

Istilah umum yang disertakan pada layar LCD ponsel adalah “IPS,” yang merupakan singkatan dari “in-plane switching”. IPS menawarkan sudut pandang yang lebih luas dibanding jenis layar LCD lainnya, itulah sebabnya mengapa LCD jenis ini lebih disukai untuk ponsel cerdas.

Pro & Kontra

Baik AMOLED maupun LCD keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Banyak orang yang lebih memilih warna yang hidup dan warna hitam murni yang dimiliki layar AMOLED. Hitam murni sangat bagus jika anda lebih banyak menggunakan ponsel anda pada malam hari. Namun, warna pada layar AMOLED (terutama ponsel Samsung) tidak realistis.

Tampilan layar LCD sering terlihat lebih kusam dibanding AMOLED karena keduanya tidak memiliki tingkat kontras yang sama. Ini sebenarnya hal yang baik jika Anda ingin warna tampil lebih mendekati nyata. Hal lain yang bisa dibandingkan adalah konsumsi daya. Layar AMOLED tidak membutuhkan lampu latar. Sementara layar LCD lakukan Hal ini, membuat AMOLED menampilkan sedikit energi dan lebih efisien. Anda bisa menggunakan wallpaper hitam murni untuk menghemat energi karena pikselnya tidak menyala.

Mana yang lebih baik?

Tidak mungkin mengatakan layar yang satu lebih baik dari yang lain. Tidak semua layar LCD terlihat sama, begitu juga tidak semua layar AMOLED terlihat sama. Pada akhirnya, itu tergantung ke preferensi pengguna. Beberapa orang menyukai warna “punchy” dari AMOLED, ada juga yang tida suka. Hal yang sama juga berlaku untuk LCD.

Orang akan berdebat tentang teknologi mana yang lebih unggul, tapi pada akhirnya, yang terpenting adalah apa yang terlihat lebih baik bagi anda sendiri. Kabar baiknya adalah ada pilihan bagus untuk keduanya. Samsung membuat display AMOLED yang sangat bagus. LG dan HTC juga memiliki ponsel dengan display LCD yang bagus. Android adalah tentang pilihan, jadi putuskan mana yang paling Anda sukai dan anda membuat anda nyaman.

Yang mana pilihan anda? AMOLED atau LCD? Apa alasannya?.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News

To Top